Surabaya Patata

Oleh-Oleh Premium Kekinian dari Surabaya #CiamikSoro
(031) 33000931 inbox@surabayapatata.com Jl. Dharmahusada No. 187, Gubeng, Surabaya

FOLLOW US ON INSTAGRAM

Blog

Wisata Murah Meriah di Surabaya

Liburan nggak harus mahal, rek! Dengan budget kurang dari Rp. 50.000,- , kalian bisa lho, keliling kota Surabaya dan nikmati banyak destianasi wisata ciamik untuk isi akhir pekan kalian semua. Mau tahu dimana aja lokasinya? Baca terus artikelnya, ya!

1. Monumen Kapal Selam (Monkasel)
Museum berbentuk kapal selam ini adalah kapal selam asli KRI Pasopati 410, rek. Salah satu armada terhebat Angkatan Laut Indonesia yang membuat militer maritim kita disegani dunia! Sebelum diangkat ke darat dan diresmikan sebagai museum pada tahun 1998, KRI Pasopati pernah dikirim dalam Pertempuran Laut Aru dengan misi membebaskan Irian Barat dari tangan Belanda.

sumber : http://www.reresepan.com

Monumen Kapal Selam Surabaya (sumber : www.reresepan.com)

Terletak di Jalan Pemuda, dekat Mall Delta Plaza Surabaya, kalian bisa nikmati megahnya kapal perang lengkap beserta atributnya dengan tiket masuk seharga Rp. 10.000,- rek! Di dalamnya kalian bisa melihat ruang panel berisi kelengkapan navigasi, kabin kru kapal, ruang kerja, dapur, ruang komandan, serta perlengkapan lengkap peluncur rudal / torpedo propeller yang masih terawat apik hingga hari ini. Kalau beruntung, kalian juga bisa menikmati fasilitas video rama yang menayangkan sejarah kemaritiman Republik Indoesia diatas kapal selam ini juga lho, rek!

2. Wisata Perahu Kali Mas

Bosen sama macet dan berisiknya jalan-jalan di kota Surabaya? Kalian bisa coba dateng ke Taman Prestasi di daerah Ketabang Kali, rek!

Wisata perahu Kali Mas (sumber : @banggaSurabaya)

Ruang terbuka hijau yang terletak di pinggiran sungai Kali Mas ini menyediakan wisata perahu dengan harga relatif murah, rek. Dengan membeli tiket seharga Rp.4.000,-, kalian akan diajak mebelah kepadatan kota Surabaya sambil menikmati indah dan bersihnya sungai Kali Mas. Wisata perahu ini terbuka untuk umum setiap hari dengan jam oprasional mulai pukul 08.00 – 15.00 di hari Senin sampai Jumat. Atau mulai pukul 08.00 – 21.00 di hari Sabtu, dan 07.00 – 21.00 di hari Minggu.

Disarankan banget buat Arek Patata untuk datang di waktu malam ya, rek! Kerlap-kerlip lampu hias yang dipasang sepanjang sungai Kali Mas, dijamin bikin liburan kalian bakal lebih meriah!!

3. Museum Surabaya di Gedung Siola 

Museum yang berlokasi di bangunan cagar budaya, Gedung Siola, ini punya lebih dari 1000 koleksi barang yang bisa menggambarkan kemajuan kota Surabaya dari waktu ke waktu, rek. Berbeda dengan Museum 10 November, Museum Surabaya lebih banyak memberikan informasi seputar seluk beluk kota Pahlawan kita ini.

Museum Surabaya di Jalan Tunjungan (sumber : www.superkidsindonesia.com)

Di dalam gedung ini juga, kalian bisa menemukan Angguna (Angkutan Serba Guna), transportasi asli dari kota Surabaya yang keberadaannya sudah langka dan bahkan hampir punah, rek! Bukan cuma itu, dengan datang ke Museum Surabaya kalian akan diajak kenalan lebih dekat sama para wali kota hebat yang pernah memimpin kota Surabaya.

Jangan khawatir sama harga tiket masuknya, rek, meseum ini dibuka untuk umum tanpa dipungut biaya alias GRATIS!

4. Kebun Binatang Surabaya (KBS) 

Belum ke Surabaya kalau belum pernah berkunjung ke Kebun Bintang Surabaya!

Pernah dinobatan sebagai kebun binatang terbesar di Asia Tenggara, KBS masih menjadi lokasi wisata yang ramai dikunjunngi hingga hari ini, rek! Berisi ratusan spesies satwa yang terdiri dari jenis mamalia, aves, reptilia, dan pisces, KBS selalu punya tempat yang istiewa di hati warga Surabaya. Terbukti, bahkan setelah satu abad lamanya berdiri, kebun binatang ini masih jadi salah satu spot wisata ciamik di kota Pahlawan ini

Salah satu koleksi di Kebun Binatang Surabaya (KBS) (Sumber : idntimes.com)

Dengan tiket masuk seharga Rp.15.000,- kalian udah bisa bermain sambil belajar mengenal berbagai macam jenis flora dan fauna yang ada di Indonesia. Ada yang pernah kesini?

5. Rumah Air Surabaya 

Belajar sambil jalan-jalan? Bisa banget, rek!

Museum Rumah Air yang terletak di Jl. Basuki Rahmat No.119-121, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya ini, dirancang pemerintah kota sebagai wisata edukasi air ter-ciamik di kota Surabaya. Di dalam gedung bekas markas Badan Keselamatan Rakyat (BKR) ini, kalian bisa menemukan banyak informasi seputar air dan lingkungan, rek. Mulai dari pengolahan air dari masa ke masa, pemanfaatan air, dan cara menjaga kelestariannya, bisa kalian temui disini.

Rumah Air Surabaya (sumber : http://perpamsi.or.id)

Ciamiknya lagi nih, rek, kalau kalian dateng rame-rame dalam sebuah rombongan, Museum Rumah Air ini menyediakan tour guide yang akan menjelaskan semua informasi tentang air yang kalian butuhkan. Ada yang mau datang ke sini? Tiket masuknya gratis lho, rek!

6. Tugu Pahlawan dan Museum 10 November 

Sejarah panjang soal kota Surabaya emang nggak bisa lepas sama pertempuran dahsyat yang terjadi pada tanggal 10 November 1945, rek! Arek-arek Suroboyo yang tidak terima dengan kehadiran tentara Inggris dan sekutu yang ingin mengambil alih kemerdekaan Indonesia, menumpahkan seluruh kekuatan dan mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan Ibu Pertiwi di Surabaya. Karena itulah, Tugu Pahlawan sengaja dibangun sebagai bukti nyata keberanian Arek-arek Suroboyo.

Makam Pahlawan Tak Dikenal yang ada di sekitar lokasi Tugu Pahlawan (sumber : http://ulinulin.com)

Bersamaan dengan Tugu Pahlawan, ada juga Museum 10 Novemmber yang berada di lokasi yang sama, rek! Di dalam museum ini, kalian akan menemukan cerita dan gambaran lebih lengkap soal perjuangan Arek Suroboyo. Bukan cuma menampilkan diorama statis yang menggambarkan kronologi pertempuran 10 November dari awal hingga akhir. Juga ada rekaman asli pidato pengobar semangat Bung Tomo yang bisa kalian dengarkan dari radio tua yang disimpan di museum ini juga.

Ada yang mau jalan-jalan ke sini? Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp.5000,-, kalian bisa berlama-lama mengenang keberanian pahlawan bangsa.