Surabaya Patata

Oleh-Oleh Premium Kekinian dari Surabaya #CiamikSoro
(031) 33000931 inbox@surabayapatata.com Jl. Dharmahusada No. 187, Gubeng, Surabaya

FOLLOW US ON INSTAGRAM

Blog

Nggak Cuma Bungkul, Kamu Juga Harus Ke Taman Ini!

Nggak cuma punya Taman Bungkul aja, rek! Lebih dari itu, Surabaya punya ratusan lebih taman aktif dan pasif yang tersebar hampir di seluruh titik kota. Nggak cuma berfungsi untuk mengurangi panas dan polusi udara aja. Taman-taman ini, sengaja dibangun sebagai sarana edukasi, wisata, dan pastinya untuk mempercantik tata kota. Mau tau seberapa cantiknya taman-taman di kota Surabaya? Simak terus artikelnya ya, rek!

1. Taman Harmoni, Keputih 

Taman Harmoni (sumber : instagram @surabaya)

Percaya nggak, kalau taman seluas 60 hektar ini dulunya adalah tempat pembuangan sampah (TPS)?

Yup! Taman Harmoni yang terletak di jalan Keputih Tegal Timur II No.249, Keputih, Sukolilo ini, awalnya digunakan sebagai tempat penampungan akhir sampah sama pemerintah kota, sebelum dipindahkan ke daerah Benowo, rek. Kandungan gas metan yang cukup tinggi, membuat tanah disekitar lahan ini tidak cocok untuk ditanami apapun, sehingga sempat mangkrak setidaknya 10 tahun.

Usut punya usut, beberapa waktu belakangan pemerintah kota Surabaya kembali melakukan penelitian di sekitar lahan ini, sebelum akhirnya menyatakan bahawa kondisi tanahnya sudah kembali stabil. Nggak menyia-nyiakan kesempatan yang ada, langsung aja deh lahan bekas pembuangan ini disulap jadi taman ciamik yang super indah!

Kabar terbarunya, Taman Harmoni ini akan dikembangkan dengan konsep taman bunga yang terbagi jadi dua bagian, rek! Yaitu taman bunga dan taman bunga langka.

Wah! Makin ciamik aja nggak tuh, rek? Nggak salah deh kalo Bu Risma (Walikota Surabaya) optimis kalau suatu hari nanti, Taman Harmoni bakal jadi wisata dunia!

2. Hutan Kota Pakal, Sidorejo 

Hutan Kota Pakal, Sidorejo (sumber : instagram @surabaya)

Hutan di tengah kota? Di Surabaya ada!

Terletak di Kelurahan/kecamatan Pakal, Sidorejo, kota Surabaya. Hutan kota seluas 6,5 hektar ini rupanya udah dibangun pemerintah kota sejak tahun 2010, rek!

Dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung seperti kolam ikan, yang dimusim panen biasanya diadakan acara mancing bersama. Gazebo, untuk kalian yang mau santai-santai sambil menikmati hijau dan asrinya hutan. Atau bisa juga mampir ke tempat pembibitan tanaman yang ada di sana, rek!

Gimana, ciamik nggak tuh? Banyak warga Surabaya biasanya datang berkunjung ke Hutan Kota Pakal di pagi hari untuk berolahraga, rek. Atau sekitar pukul 15.00 buat menghabiskan sisa hari, setelah seharian penuh bekerja dan bosan dengan macet dan panasnya kota Surabaya hehehe

Ada yang pernah kesini?

3. Taman Surya (Taman Balai Kota) 

Anggrek, salah satu tanaman koleksi Taman Surya (sumber : instagram @surabaya)

Tahu sendiri kan, rek, kalau Walikota perempuan pertama Surabaya, ibu Tri Rismaharini, benar-benar suka sama keindahan dan hijaunya kota? Nggak salah kalau akhirnya taman di depan tempatnya bekerja ini disulap dan dirawat sedemikian rupa jadi ruang terbuka hijau yang ciamik!

Dilengkapi dengan air mancur di beberapa titik taman, diharapkaan bisa membantu kalian untuk menguangi rasa gerah karena tingginya suhu udara di kota Surabaya.

Oiya, bagi kalian yang suka berolahraga, Taman Surya bisa jadi salah satu alternatif untuk jogging di pagi atau sore hari rek. Selain karena lokasinya yang ada di tengah kota, hijaunya taman ini bener-bener bisa nyegerin mata dan hati hehe

Siapa yang sering menghabiskan waktunya di Taman Surya?

4. Kebun Mangrove Wonorejo 

Kebun Mangrove Woorejo, Surabaya (sumber : instagram @surabaya)

Nggak cuma punya taman-taman indah dan hutan kota, rek. Kota Pahlawan, Surabaya, juga punya area konservasi  mangrove yang harus banget kamu kunjungi untuk sejenak menghilangkan stress karena kerja atau tugas sekolah.

Selain tempatnya yang memang Instagram-able, Kebun Bibit Wonorejo juga bisa jadi sarana edukasi. Pihak pengelola telah menyediakan sejumlah papan yang berisikan informasi apa saja hewan dan tuumbuhan yang hidup atau dilestarikan di sana. Kalau beruntung, kalian juga bisa menyaksikan sekumpulan burung yang datang untuk beristirahat sebelum melanjutkan imigrasinya ke tempat yang jauh, rek.

Oiya, disini juga ada wisata wahana perahu yang akan membawa kalian menikmati keindahan hutan mangrove dari atas sungai. Ada yang tertarik main ke sini? Lokasinya ada di Jalan Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo, Rungkut, Surabaya.

Gimana, rek, masih nggak mau main-main ke Surabaya? Nggak cuma Taman Bungul, Surabaya punya puluhan bahkan ratusan taman yang dijamin bikin kalian terkesima. Nggak percaya? Coba aja kunjungi salah satunya 🙂