Surabaya Patata

Oleh-Oleh Premium Kekinian dari Surabaya #CiamikSoro
(031) 33000931 inbox@surabayapatata.com Jl. Dharmahusada No. 187, Gubeng, Surabaya

FOLLOW US ON INSTAGRAM

Blog

5 Kuliner Ciamik Kota Pahlawan yang Wajib Dicoba

Main ke Surabaya tapi belum tahu harus cobain kuliner apa? Don’t worry, rek! Surabaya Patata udah nyiapin  5 kuliner ciamik asal Kota Surabaya yang bukan cuma enak, tapi juga murah! Mau tahu apa aja makanannya? Simak terus artikelnya, ya.

1. Rujak Cingur

Makanan khas Suroboyo ini digemari hampir oleh semua orang, rek. Rasanya yang ciamik dengan perpaduan unik antara sayur-sayuran, buah-buahan, lontong, tempe, dan tahu yang dicampur jadi satu, lengkap dengan cingur (hidung sapi) sebagai sajian utamanya. Masih juga ditambah dengan siraman bumbu sedap hasil perpaduan bumbu kacang dan petis, hmmm.. ciamik pol wes!

Rujak Cingur asli Suroboyo (sumber : http://nasywaan05.blogspot.com)

Jangan khawatir untuk harganya, rek. Banyak warung atau rumah makan di Surabaya yang menjual makanan ini dengan harga relatif murah, mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000. Gimana, ada yang mau coba?

2. Tahu Tek

Perut lapar pas tengah malam? Tenang! Surabaya punya kuliner yang cocok di makan malam-malam, rek. Tahu tek, makanan yang punya kemiripan dengan Rujak Cingur ini sama-sama memadukan kacang dan petis sebagai bumbu siramannya.

Meski bahan dasarnya hampir sama, Rujak Cingur dan Tahu Tek adalah dua makanan yang sangat berbeda, rek. Tahu, kentang, toge, lontong, kadang juga ditambah telur dadar kemudian akan disiram dengan bumbu  super ciamik nan unik yang harus banget kalian cobain pas main-main ke Surabaya. Biar lebih nikmat, para pedagang Tahu Tek biasanya juga menambahkan kerupuk sebagai pelengkapnya.

tahu tek (sumber : resepkoki.id)

Soal harga, dijamin murah!

Dengan budget sekitar Rp. 15.000  saja, kalian sudah bisa mendapatkan sepiring penuh Tahu Tek untuk hilangkan lapar yang melanda.

3. Lontong Balap

Rp. 10.000, dapet apa? Surabaya punya banyak kuliner serba murah dengan kenikmatan yang luar biasa, rek!

Ada yang pernah cobain Lontog Balap? Kuiner ciamik asal kota Pahlawan ini paling enak dimakan pas siang-siang, rek! Tahu, lontong, tauge, bumbu petis, dan lentho yang disajikan panas-panas dengan kuah segar dan taburan bawang goreng.

 

lontong balap, Kompas/Runik Sri Astuti (NIK)

Ngga perlu bingung juga carinya dimana, karena di tiap sudut kota Surabaya gampang banget nemuin warung atau gerobak penjual makanan yang satu ini.

Oh, iya, ada yang tahu nggak, kenapa makanan ini dinamakan Lontong Balap? Kabarnya, orang-orang di jaman dulu berjualan dengan memanggul barang dagangannya. Karena cukup berat, mereka harus berjalan dengan cepat bisa segera sampai ke tempat tujuan. Jumlah pedagangnya juga lumayan banyak rek, jadi keliatan seolah mereka sedang balapan karena seperti terburu-buru hehe

4. Lontong Kupang

Lontong Kupang adalah  salah satu makanan khas yang terkenal di Surabaya karena keunikannya, rek. Perpaduan antara kuah berbumbu sedap dan tambahan kerang putih diatasnya, dijamin bikin kuliner yang satu ini sedap luar biasa!

lontong kupang (sumber: travelingyuk.com)

Dengan bahan dasar utama Kupang, yakni hewan laut sejenis kerang sebesar biji beras atau biji kedelai. Kupang punya banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh lho, rek! Salah satunya adalah asam amino esensial yang yang diperlukan oleh tubuh. Wih! Nggak cuma enak, bergizi tinggi juga rupanya.

Soal harga, kalian nggak perlu kawatir, rek. Cukup merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 saja, kalian udah bisa menikmati kuliner ciamik yang satu ini.

5. Pecel Semanggi

Pecel semanggi atau semanggi salah satu makanan yang umum dijumpai di pagi hari, rek. Biasanya dipanggul atau digendong dengan kain oleh perempuan-permpuan paruh baya dan dijual di taman-taman di Surabaya.

pecel semanggi ( sumber : tradisinuswantoro.blogspot.com )

Dibuat dari daun semanggi  yang dikukus dan kemudian dinikmati dengan sambal  pedas yang nikmat. Semanggi biasanya juga dihidangkan dengan toge, kangkung, dan kerupuk puli  yang terbuat dari beras, serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat.  Saus atau bumbu yang digunakan dalam makanan semanggi memiliki bahan baku serta rasa yang berbeda, dan harus banget kalian cobain saat main ke Surabaya!

 

Jadi, kapan mau main ke kota Surabaya?